ENGLISH VERSION


Product Highlight
»
Antimo Anak
Perjalanan anak jadi enak
»
Noza
Meringankan gejala influenza dan memperkuat kondisi tubuh dengan beristirahat
»
Pehacain Injeksi
Anastesi lokal dengan kerja cepat


home!

 

Apa yang Dimaksud dengan Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah adalah tekanan yang diberikan oleh darah terhadap dinding pembuluh darah arteri. Tekanan itu diukur dalam satuan milimeter mercury (mmHg) and direkam dalam dua angka-tekanan sistolik (ketika jantung berdetak) terhadap tekanan diastolik (ketika jantung relaksasi). Kedua angka ini penting. (Lihat box 1)

Tekanan darah naik turun sepanjang hari. Tetapi, ketika tekanan darah terus naik dalam masa tertentu, inilah yang disebut dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi berbahaya karena membuat jantung bekerja terlalu keras, dan tekanan yang kuat dari aliran darah dapat melukai pembuluh darah arteri dan organ-organ seperti jantung, ginjal, otak, dan mata. Tekanan darah tinggi  seringkali tidak menunjukkan tanda atau gejala. Ketika tekanan darah tinggi terjadi, biasanya akan berlangsung seumur hidup. Jika tidak dikontrol, dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal, stroke, dan kebutaan.

Tekanan darah tinggi mempengaruhi lebih dari 65 juta-atau 1 dari 3- penduduk Amerika dewasa. Sekitar 28% berusia 18 tahun dan lebih, atau sekitar 59 juta penduduk, menderita prehipertensi, kondisi yang juga meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi cukup umum bagi keturunan Afrika Amerika, yang memiliki kecendurangan menjadi penderita pada usia yang lebih muda dan lebih sering dibandingkan keturunan kulit putih. Hal serupa juga terjadi pada penduduk Amerika berusia lanjut-individu dengan tekanan darah normal pada usia 55 tahun memiliki 90% resiko menderita tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi dapat dikontrol jika Anda melakukan langkah berikut :

  • Mempertahankan berat badan yang ideal (sehat).
  • Melakukan aktivitas fisik yang cukup sepanjang hari.
  • Mengikuti pola makan yang sehat, termasuk mengkonsumsi makanan rendah garam. 
  • Jika Anda mengkonsumsi alkohol, berusahalah untuk mengurangi konsumsi alkohol.
  • Jika Anda penderita tekanan darah tinggi dan sedang mengkonsumsi obat, lakukan sesuai petunjuk dokter.

Box 1: Level Tekanan Darah Dewasa*

Kategori

Systolic** (mmHg)***

Diastolic** (mmHg)***

Hasil

Normal

Kurang dari 120 dan

kurang dari 80

Baik untuk Anda!

Prehipertensi

120-139 atau

80-89

Tekanan darah Anda kemungkinan bermasalah. Lakukan perubahan pada makanan dan minuman Anda, lakukan aktivitas fisik, dan kurangi kelebihan bobot badan. Jika Anda penderia diabetes, segera temui dokter Anda.

Hipertensi

140 atau lebih atau

90 atau lebih

Anda menderita tekanan darah tinggi. Tanyakan kepada dokter atau perawat Anda bagaimana mengontrolnya.

* Bagi dewasa usia 18 dan lebih yang tidak sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi dan tidak menderita penyakit serius dalam waktu dekat.Sumber: The Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure; NIH Publication No. 03-5230, National High Blood Pressure Education Program, May 2003.

** Jika tekanan sistolik and diastolik masuk ke dalam kategori yang berbeda, satus secara umum mengikuti kategori yang lebih tinggi.

*** Millimeter mercury.

Dipersembahkan oleh Spirolakton, Tensigard, Vapril 25 & 125

Source: www.nhlbi.nih.gov

/cml

home